Cara Mencegah Penuaan Dini

Penyebab Penuaan Dini yang Perlu Kamu Ketahui!

Salah satu alasan banyak orang yang melakukan perawatan kulit adalah agar kulit mereka terhindar dari penuaan dini. Oleh karena itu, untuk dapat mencegah penuaan dini kamu sebaiknya mengetahui beberapa penyebab penuaan dini. 

1. Beraktivitas di luar rumah tanpa perlindungan kulit

Cahaya ultraviolet (UV) bisa menghancurkan jaringan elastin di kulit. Hasilnya, kulit jadi gampang kerutan saat sebelum waktunya. Selainnya penuaan awal, cahaya matahari membuat kulit jadi lusuh dan tingkatkan resiko terserang kanker kulit.

Tidak itu saja, kerap terkena cahaya matahari bisa juga memacu timbulnya bintik warna kecoklatan di wajah, tangan, dan tempat badan lain, hingga performa terlihat lebih tua.

Supaya terbebas dari bahaya cahaya matahari, Anda dapat memakai tirai surya dengan kandungan SPF minimum 30 menit saat sebelum melakukan aktivitas di luar ruang, khususnya pada jam 11.00-15.00, baik saat cuaca panas atau mendung.

Supaya kulit lebih terlindung, Anda dapat memakai topi bertepi lebar, payung, kacamata hitam, atau baju kendur yang tutupi kulit saat ada di luar rumah.

2. Merokok

Selainnya berpengaruh jelek untuk kesehatan, rutinitas merokok dapat memacu timbulnya pertanda penuaan awal. Beragam zat kimia beresiko yang terdapat dalam rokok, seperti nikotin, tar, dan karbon monoksida, bisa mengakibatkan kerusakan kumpulan sel tubuh dan terhambatnya peredaran darah ke tempat muka.

Hal itu dapat percepat timbulnya kerutan dan muka juga kelihatan lebih lusuh. Oleh karenanya, stop rutinitas merokok dimulai dari sekarang ini. Jika Anda alami kesusahan untuk hentikan rutinitas jelek ini, coba tanyakan ke dokter.

3. Mempunyai skema makan kurang sehat

Skema makan ikut mempengaruhi keadaan kulit Anda. Contoh-contoh makanan yang dapat memacu penuaan awal ialah karbohidrat olahan, misalkan roti atau pasta, dan makanan yang memiliki kandungan kebanyakan gula. Ke-2 tipe makanan itu bisa menghancurkan collagen di kulit.

Anda pun disarankan untuk batasi konsumsi tipe makanan lain, seperti gorengan, makanan cepat saji, dan daging berlemak. Sebagai tukarnya, memperbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti kacang-kacangan, anggur, buah berikan, brokoli, wortel, teh hijau, dan beberapa bijian utuh.

4. Kurang Tidur dan Selalu Merasa Stress

Tidur sendiri menolong siklus pergantian kulit. Sepanjang tidur, hormon-hormon yang memacu penyempurnaan jaringan kulit akan berkembang. Jika Anda kekurangan tidur karena itu proses itu tidak berjalan baik, hingga tidaklah aneh bila jadi pemicu penuaan awal bisa lebih cepat.

Sementara jika alami depresi dapat tingkatkan hormon adrenalin dan kortisol yang percepat proses penuaan. Depresi punya pengaruh di proses pergantian kulit. Argumennya pemicu penuaan awal ini dapat membuat sel-sel kulit yang semestinya tumbuh justru mati. Demikian juga dengan geram akan membuat badan jadi lebih tegang hingga pergantian kulit tidak dapat berjalan baik.

5. Tidak Bersihkan Muka Secara Teratur

Jika habis melakukan aktivitas setiap hari, Anda perlu bersihkan muka untuk hilangkan beragam kotoran yang menempel di wajah. Muka yang kotor dapat membuat kulit Anda terasa kering, lusuh, komedo, jerawat, dan timbulnya beragam pertanda penuaan awal seperti keriput dan garis-garis lembut.

6. Jarang-jarang Menggunakan Pelembab

Tidak boleh kira sepele jika kulit Anda terasa kering. Masalahnya dapat memicu permasalahan di wajah Anda, seperti kulit lusuh, ada jerawat, garis lembut sampai capai pertanda penuaan awal.

Ini karena, kulit yang kering dapat membuat susunan perlindungan kulit kurang bekerja yang baik, hingga mempermudah kotoran, pencemaran, dan cahaya UV berkenaan kulit. Bukan itu saja, kulit yang kering akan membuat performa skincare di kulit tidak optimal.

Itu dia beberapa penyebab penuaan dini. Sebaiknya kamu dapat mengubah beberapa kebiasaan kamu agar bisa lebih terhindar dari penuaan dini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *