Yuk, Cobain 5 Makanan Khas Jawa Tengah yang Unik Ini!

makanan khas jawaMakanan olahan dari seluruh negara bisa menghasilkan sebuah kuliner yang enak. Setiap daerah biasanya memiliki cita rasa masakan sendiri. Maka terciptalah tradisi kuliner yang berbeda-beda, dengan rasa beragam. Ketika kamu bertamu atau berwisata ke suatu daerah, coba manfaatkan pengalaman tersebut untuk mencicipi masakannya. Simak makanan khas Jawa berikut ini pasti bikin kamu jatuh cinta deh!

Sate klathak

Sate ini menjadi salah satu makanan khas Jawa paling populer bagi para wisatawan. Dengan bahan dasar kambing, namun bukan sate kambing pada umumnya. Daging yang digunakan dari kambing muda dan dimasak dengan cara berbeda yaitu dibakar dengan tambahan garam. Disajikan begitu saja tanpa tambahan bumbu kecap, kamu bisa menemukannya di daerah Bantul. Cukup dengan Rp 7.000 – Ro 15.000 kamu akan dapat satu porsi sate enak ini.

Nasi gandul

Pernah denger atau coba nasi ini? Makanan khas Jawa dengan sebutan nasi gandul ini sebenarnya adalah nasi uduk dengan daun pisang. Memiliki rasa lebih gurih dan tambahan lauk berupa daging sapi dan kuah segar. Wangi sedap daun pandannya yang dihasilkan ketika kamu sedang menikmatinya akan sangat terasa. Siapkan uang Rp 12.000 – Rp 20.000 saja ya, kamu akan nikmatin sensasi makanan daerah Pati ini.

Tengkleng gajah

Eits, jangan takut dulu ya dengan makanan khas Jawa yang ini. Kamu nggak akan makan daging gajah kok, karena menggunakan kambing. Penyajiannya dalam porsi besar menjadi asal mula nama ini tercipta. Dimasak dengan dua cara yaitu tengkleng dibuat tongseng dan digoreng biasa. Temukan menu tengkleng di Sleman dengan harga sedikit lebih mahal yaitu Rp 30.000 sampai Rp 40.000. Jangan khawatir, satu mangkuk/piringnya bisa dimakan untuk dua orang dewasa lho!

Sego godog

Dalam Bahasa Indonesia disebut nasi rebus, menjadi makanan yang hampir menyerupai bakmi rebus jawa. Nasi menjadi bahan dasar dalam menu ini dengan tambahan suwiran ayam, bihun, telur, sayuran dan kuah kaldu nikmat. Dapat kamu temui di Bantul dan Magelang, jangan lupa siapkan sekitar Rp 13.000 – Rp 17.000 ya!

Nasi grombyang

Disajikan dalam mangkuk kecil ditambah lauk daging kerbau serta kuah. Nama unik ini bermula karena penyajiannya seperti digoyang-goyang atau grombyang. Berasal dari daerah Pemalang, gampang banget buat bisa menyicipi nasi tersebut. Warung-warung makan kecil pinggir jalan memberikan harga antara Rp 15 ribu – Rp 20 ribu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *