Ketahui 4 Kegiatan Olahraga Asli Ini dari Indonesia

kegiatan olahragaSetiap orang memiliki hobinya masing-masing termasuk dalam bidang olahraga. Entah berenang, bersepeda, bulu tangkis, bola dan masih banyak lainnya. Apapun kegiatan olahraga yang Anda pilih selama dijalani dengan konsisten akan berdampak bagi kesehatan. Banyaknya pilihan olahraga di dunia ini, tetapi apakah Anda tahu olahraga asli dari negara kita? Beberapa diantaranya masih sering dilakukan di beberapa daerah tertentu.

1. Sepak Takraw

Cara bermain kegiatan olahraga ini seperti permainan sepak bola, tetapi menggunakan lapangan bulu tangkis. Sudah terbayang kan? Ya, sepak takraw! Sejak zaman Malaka dulu bernama sepak raga dengan jumlah pemain tiga orang tiap regu. Peraturannya tidak boleh menyentuh bola menggunakan tangan, hanya boleh menggunakan kaki. Sehingga terkadang terlihat seperti gerakan bela diri. Beberapa negara Asia lainnya pernah mengakui bahwa olahraga ini bukan asli Indonesia, namun pakar sejarah sudah banyak menemukan bukti bahwa berasal dari Sulawesi Selatan.

2. Pathol

Pernah mendengar pathol? Olahraga gulat yang berasal dari Kecamatan Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Sudah ada sejak masa Majapahit bermula dari sebuah sayembara mencari ksatria terbaik karena pada zaman itu banyak perompak. Gerakan dalam kegiatan olahraga panthol ini kemudian dikembangkan oleh warga setempat. Banyak masyarakat yang menyukainya dan kemudian dijadikan sebuah kesenian tradisional. Biasanya gulat ini digelar di daerah pesisir pantai menjelang purnama atau pada hari khusus misalnya bertepatan dengan upacara tertentu.

3. Pencak Silat

Sebagai bagian dari kebudayaan Indonesia, jenis olahraga satu ini memiliki banyak versi. Mungkin Anda mengenal kegiatan olahraga silat Cimande dengan gerakan harimau dan keranya. Ada pula silat aliran ranah Minang yang diciptakan oleh Daruk Suri Diraja pada abad XI. Ada beberapa ikatan resmi terkait silat yaitu Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Persekutuan Silat Antara Bangsa (PERSILAT) yang terbentuk oleh Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.

4. Pacu Jalur

Jenis olahraga perahu dayung tradisional ini asli dari Riau. Perahu yang digunakan memiliki panjang sekitar 25-40 meter dengan awak sebanyak 40-60 orang. Awalnya kegiatan olahraga pacu jalur dilakukan hanya di kampung-kampung untuk memperingati hari besar Islam seperti Idul Fitri, Maulid Nabi dan sebagainya. Kini seiring berkembangnya zaman sudah mulai masuk pada kalender pariwisata nasional tiap tanggal 23-26 Agustus tiap tahunnya. Anda bisa melihat atau bahkan mencobanya di Sungai Batang Kuantan, Riau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *