Ini Lho 5 Bentuk Potongan Rambut Unik dari Berbagai Suku di Dunia! Berani Coba?

rambut unikBanyaknya tren model rambut saat ini nggak terlepas dari adanya tren zaman dahulu. Sebuah barbershop pada umumnya memiliki pajangan dengan macam-macam potongan rambut pria yang bisa dijadikan inspirasi. Sebenarnya ragam potongan tersebut juga sudah ada pada zamannya, namun memiliki arti dan asal usul tersendiri. Yuk, ketahui lebih lanjut tentang makna dibalik rambut unik diberbagai belahan dunia.

1. Rambut Chonmage untuk para samurai

Chonmage, sebutan bagi bentuk atau tatanan rambut samurai kuno di Jepang. Kalau kamu perhatikan, potongan tersebut masih menjadi ciri khas para pemain olahraga sumo. Selain itu sandiwara sejarah di TV Jepang bahkan kartun-kartunnya menghadirkan tata rias rambut yang sama. Rambut unik chonmage sudah ada sejak zaman Edo dan menyebar keseluruh negeri, sehingga sempat menjadi salah satu tren. Istilah penamaan rambut tersebut dari simpul atas yang tipis pada tiap kepala lelaki tua dulu.

2. Rambut Mohawk bagi Suku Mohican

Rambut seperti ini sebutulnya masih ada di zaman sekarang, cuma nggak sepopuler dulu. Nah, ternyata rambut unik ini diperkenalkan pertama kali oleh suku Mohican didataran Amerika Utara. Mereka yang hendak bertempur ke medan perang bersama-sama mencukur rambut bagian kiri dan kanan dan hanya menyisakan bagian tengah saja. Kemudian rambut unik tersebut digunakan oleh anggota 101st Airborne Division saat perang. Beberapa orang berpendampat Travis, Blink memperkenalkan mode ini sebagai genre punk rock.

3. Rambut Setengah Botak Suku Manchu

Keturunan bangsa Yunchen, yang disebut dengan bangsa Manchu. Adanya sisa-sisa keluarga Dinasti Ming dan munculnya pemberontak yang kemudian terpecah. Salah satu usaha anggota keluarga, Shun Chih adalah memperkuat kekuasaan dengan menyuruh orang Tiongkok untuk dikucir. Hal tersebut untuk membedakan bangsa Manchu serta sebagai tanda takluk. Kucir panjang pada bagian belakang dan bagian kepala depan di cukur klimis, bertujuan menghormati kuda sebagai teman sejati suku tersebut.

4. Rambut Gimbal Suku Himba

Suku yang terletak di bawah laut Namibia, Afrika Selatan ini mempunyai tradisi rambut unik. Semua pria, wanita dan anak-anak merubah bentuj rambut menjadi gimbal dengan bentuk kepangan yang rumit. Dibentuk dari campuran bulu kambing, lumpur dan jerami mentega. Untuk mengepang dan berhias mereka akan mengabiskan waktu beberapa jam, setiap harinya.

5. Ukul Konde Jawa Tengah

Nah, kalau yang satu ini berasal dari Indonesia tentunya. Kamu pasti udah sering melihatnya di acara pernikahan dengan adat Jawa. Dulu bentuknya lebih kecil dan diletakkan di atas kepala, kebiasaan ini muncul karena rata-rata rambut mereka panjang. Saat mereka ingin pergi mandi atau bepergian, pasti akan mengonde rambunya. Zaman Pakubuwono X, hampir semua kebudayaan telah mencapai titik sempurna salah satunya seni tata rias rambut. Sehingga sanggul tradisional semakin disempurnakan dengan berbagai pilihan bentuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *