Ingin Membuka Usaha? Ini 5 Tips Bisnis Saat Car Free Day

tips bisnisMembuka usaha saat car free day (CFD) dapat dipastikan tidak akan sepi oleh pengunjung. Jalanan kota yang dipenuhi warga menjadi sebuah ladang rejeki bagi para pedagang. Kebiasaan masyarakat Indonesia mereka bukan hanya berolahraga tetapi juga membeli makanan atau barang yang tersedia disana. Banyaknya pengunjung akan menentukan banyak permintaan dan semakin banyak transaksi yang didapatkan. Keramaian suatu tempat menjadi faktor penting dalam memulai usaha di lokasi CFD. Untuk itu perhatikan beberapa tips bisnis berikut ini agar semakin percaya diri dalam memasarkan usaha Anda.

1. Datang lebih pagi

Persiapan untuk menjalani tips bisnis yang pertama adalah bangun di waktu yang masih sangat pagi diantara tetangga Anda. Hanya perlu terbiasa dengan bangun pagi maka akan menjemput rezeki lebih awal. Beberapa CFD memulainya jam 5 atau jam 6 pagi sampai jam 10 pagi, jadi Anda harus bisa bersiap diri lebih pagi. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan keperluan barang dagangan Anda dan bisa menentukan lokasi strategis yang diinginkan. Dimulai dengan semangat di pagi hari, bisnis Anda terutama bidang kuliner memerlukan persiapan ekstra.

2. Cari tempat berdagang yang tepat

Membuka dagangan di CFD tidak membutuhkan biaya menyewa tempat dagang. Siapa pun bebas berdagang dengan syarat tidak mengganggu badan jalan untuk masyarakat yang sedang olahraga. Sangat menguntungkan bagi pedagang, tetapi harus saling berebut tempat berjualanan. Tips bisnis ini akan menentukan banyak pengunjung yang akan membeli dagangan Anda. Datang pagi akan membantu Anda menentukan lokasi yang strategis agar mudah dilalui orang. Jika Anda punya hubungan erat dengan pedagang lainnya, Anda bisa minta tolong rekan Anda menempati atau menjaga tempat tersebut.

3. Lakukan promosi

Tips bisnis ini hampir lupa dilakukan oleh mereka yang memiliki usaha. Promosikan atau bagikan tempat Anda berjualan, waktu dan apa saja yang akan tersedia di lapak jualan Anda. Bisa dengan membagikan brosur menu, kontak serta alamat lokasi selain di CFD untuk mereka yang ingin membelinya. Jika mereka puas dengan pelayanan dan hasil yang didapatkan mereka ingat untuk mencari tahu melalui sosial media jualan Anda. CFD pun bisa sebagai wadah bagi mereka yang baru merintis karir di bidang usaha, biasanya akan dijalankan intensif pada titik lokasi berbeda agar orang tahu produk tersebut. Produk Anda laku? Ambilah beberapa dokumentasi untuk kemudian di unggah melalui sosmed.

4. Menentukan usaha yang dibutuhkan

Kunci sukses selanjutnya adalah menjalankan usaha sesuai dengan keperluan atau kebutuhan masyarakat yang datang ke CFD. Mereka kebanyakan mencari sarapan pagi dan berolahraga. Pastikan usaha Anda cocok dengan pengunjung seperti untuk makanan sarapan bubur ayam, nasi uduk, soto ayam dan sebagainya. Untuk minuman bisa yang menyegarkan hingga menyehatkan seperti jus, es kelapa, dan lain-lain.

5. Konsisten

Segala macam bentuk bisnis tentunya harus dilakukan secara konsisten. Tips bisnis ini bisa Anda bagikan kepada semua rekan yang akan memulai bisnis. Jika tidak konsisten maka tidak akan mendapatkan hasil memuaskan dan maksimal sehingga akan sulit mengalami perkembangan. Konsisten mengajarkan Anda untuk selalu melakukan perbaikan dan ide baru ketika menjalaninya. Siapa yang tidak ingin usahanya bertahan diantara ketatnya persaingan saat ini? Untuk itu lakukan tips bisnis di atas agar impian Anda bisa terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *