3 Tabungan Digital Terbaik Untuk Milenial

Sudah saatnya beralih ke produk digital banking berupa tabungan digital. Produk ini tidak hanya menawarkan kemudahan, tapi juga beragam keuntungan yang bisa memangkas pengeluaran.

Seperti halnya tabungan konvensional, fungsi utama dari tabungan digital adalah sebagai tempat untuk menyimpan uang dan melakukan transaksi sesama maupun antar bank. Perbedaannya adalah tabungan ini dilengkapi dengan sejumlah layanan yang dapat diakses dengan mudah melalui layar smartphone.

Berbeda dengan mobile banking, tabungan digital juga bisa menawarkan sejumlah fitur untuk mengelola keuangan lewat smartphone.

Jika masih belum tertarik, coba simak terlebih dulu 3 pilihan tabungan digital ini. Fitur dan beragam keunggulan yang ditawarkan bisa bikin kamu tergoda.

1. Jenius

Jenius adalah aplikasi perbankan besutan Bank BTPN. Untuk menggunakan layanan ini, kamu cukup mengunduh aplikasi di Android atau iOS. Proses pendaftaran dapat dilakukan langsung di aplikasi, lalu tinggal tunggu kartu debit diantar ke lokasi yang kamu tentukan.

Atau jika mau sekalian bertanya-tanya, kamu dapat mendatangi pihak Jenius di cabang bank BTPN maupun digital banking di mall-mall terdekat.  

Nomor rekening Jenius dapat menggunakan #Cashtag berupa nama atau username sehingga gak perlu repot mengingat nomor yang panjang.

2. Wokee

Wokee merupakan sebuah inovasi perbankan digital dari Bank Bukopin yang baru diluncurkan di akhir tahun lalu. Tabungan elektronik ini memilki fitur bebas biaya administrasi, tanpa minimal saldo dan tanpa setoran awal, serta dapat melakukan penarikan tunai kapan pun tanpa menggunakan kartu (cardless withdrawal).

Seperti Jenius, buat menggunakan Wokee, cukup melakukan registrasi aplikasi dari App Store atau Google Pay.

3. Digibank

Digibank menjadi inovasi dalam mengatur uang menggunakan teknologi dari bank DBS. Untuk memakainnya, cukup siapkan e-KTP dan kunjungi agen di cabang DBS manapun. Lalu, unduh dan instal aplikasinya di smartphone-mu.

Tabungan digital bukan hanya mengganti transaksi manual menjadi serba online. Lebih dari itu, tabungan ini memudahkan kamu, khususnya milenial, dalam memperbaiki kondisi keuangan.

Apalagi, untuk tiap produk di atas menawarkan berbagai promo menggiurkan yang dapat memangkas keuangan sekaligus menambah keuntungan. Gak usah tunggu lama lagi, kenali fitur-fitur tabungan di atas dan coba sendiri manfaatnya untuk kesehatan dompetmu.

4 Hal yang Harus Dijauhi Saat Ajukan Pinjaman Bank

uang-digital
Uang Digital

Pinjaman bank bisa dibilang gampang, tapi bisa juga dibilang susah juga. Susah-susah gampang lah mengajukannya. Supaya gampang, kamu harus mengetahui nih hal-hal apa aja yang seharusnya dilakukan dan hal-hal mana yang sebaiknya dihindari.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang gak boleh sama sekali dilakukan kalau pengin pengajuan pinjaman bank disetujui. Apa aja hal-hal tersebut? Yuk, disimak.

1. Tidak melakukan pengecekan kolektibilitas kredit di SLIK OJK

Ini salah satu kesalahan yang sering kali dilakukan orang-orang yang mengajukan pinjaman bank. Benar, mereka mengikuti semua prosedur yang diminta. Tetapi, mereka lupa buat mengecek kolektibilitas kredit di Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK).

Jika kamu mendapatkan skor 1, itu artinya Lancar dan kamu berkesempatan untuk dapat pinjaman. Sementara skor 2 masih meragukan. Untuk skor 3 – 5, bisa dipastikan kamu tidak akan mendapat pinjaman.

2. Tidak melakukan perbandingan pinjaman di bank satu dengan bank yang lainnya

Hal ini juga yang terkadang tidak dilakukan orang-orang yang akan mengajukan pinjaman bank. Karena membandingkan pinjaman antara bank yang satu dengan yang lainnya, gak sedikit orang-orang yang memperoleh pinjaman dengan bunga yang lebih tinggi.

Padahal, mereka bisa meraih pinjaman bunga yang rendah. Gak ribet kok melakukan perbandingan. Kamu hanya perlu membuka situs-situs pembanding produk keuangan dan semua informasi penting seputar pinjaman bisa didapat di situs tersebut.

3. Ajukan pinjaman bank dengan nilai yang gak sebanding dengan penghasilan yang diterima

Jangan asal-asalan dalam memilih besaran pinjaman yang mau diajukan. Di sinilah kesalahan sering terjadi. Tanpa mempertimbangkan besaran penghasilan, mereka mengajukan dengan nilai besar.

Bank mau menyetujui pinjaman asalkan nilai cicilannya per bulan gak lebih dari 30 persen penghasilanmu tiap bulannya. Jadi, maklum aja kalau sampai ditolak mengajukan pinjaman dengan nilai yang besar.

4. Memalsukan data yang diminta bank

Jangan coba-coba deh memalsukan data yang diminta bank. Karena untuk mendapatkan pinjaman dari bank, kamu harus melakukan pelanggaran yang berujung pada sebuah tindak kejahatan.

Bahaya kalau sampai bank mengetahui hal ini. Sebab selain pengajuan ditolak, kamu bisa aja dilaporkan ke polisi karena pemalsuan data ini.

Udah jelas kan sekarang apa aja hal-hal yang sebaiknya dihindari kalau pengin pengajuan pinjamannya lolos? Semoga informasi di atas membantu ya!

3 Trik Budget Planning Untuk Traveling

uang-digital
Uang Digital

Jalan-jalan atau yang dikenal anak zaman sekarang traveling kini sudah menjadi gaya hidup yang booming. Apalagi saat ini media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang.

Tentu saja pilihan untuk menjadi pelancong tas ransel atau yang disebut juga backpacker, bisa menjadi opsi. Tapi yang perlu diketahui adalah tidak semua orang bisa menjadi backpacker.

Lalu bagaimana caranya agar bisa menabung untuk biaya traveling tapi tetap bisa kumpul bersama teman? Kamu dapat mencoba beberapa cara di bawah ini.

1. Buat Budget Planning

Untuk memudahkanmu mengetahui berapa banyak uang yang bisa kamu sisihkan setiap bulannya, ada baiknya kamu membuat budget planning. Misalnya, kamu perlu menyisihkan Rp 2 juta untuk bayar kartu kredit setiap bulannya, Rp 1.5 juta untuk biaya transportasi ke kantor, dan lain-lain.

Dengan budget planning, kamu bisa mengetahui berapa lama harus menabung agar bisa memiliki biaya jalan-jalan ke destinasi yang diinginkan.

2. Kurangi Pengeluaran Gak Penting

Ya, yang ini memang tergolong agak sulit untuk dilakukan. Terkadang kamu tidak dapat memprediksi pengeluaran apa saja yang akan terjadi dalam sebulan.

Misalnya tiba-tiba kamu diajak makan di tempat yang agak mewah oleh teman kantor, atau nonton film keluaran terbaru. Oleh karena itu, budget planning akan berperan sangat penting.

Terutama dalam memastikan keuanganmu tetap terkendali walaupun ada keperluan yang mendadak. Ada kalanya kamu bisa menolak ajakan teman untuk pergi ke suatu tempat.

Tapi tentu hal itu tidak akan bisa bertahan lama karena akan merusak hubungan sosialmu dengan lingkungan sekitar. Oleh karenanya, salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan adalah memanfaatkan promo atau diskon ketika membeli sesuatu.

3. Cari Uang Tambahan

Setelah membuat budget planning dan memanfaatkan promo atau diskon agar bisa lebih berhemat dalam pengeluaran, kamu bisa mencoba cari uang tambahan. Hal ini untuk mempercepat tabunganmu terkumpul. Jika kamu memiliki kemampuan lainnya sangat disarankan untuk mencoba menjadi freelance untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Dengan begitu, tabungan traveling kamu akan  cepat bertambah.

5 Bos Perusahaan Teknologi Ini Bergaji Kecil !

uang-digital
Uang Digital

Pada umumnya, bos perusahaan teknologi di dunia menerima gaji yang fantastis. Sebut saja seperti CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk yang gajinya sepanjang 2018 mencapai Rp 7,2 triliunan. Dengan gaji segitu, ia menjadi CEO dengan bayaran termahal di dunia. 

Ternyata, ada banyak lho bos-bos perusahaan teknologi yang pernah mendapatkan gaji kecil kayak Elon Musk. Bahkan, gajinya gak sampai US$ 1 dolar atau Rp 14 ribu per tahunnya. Siapa saja? 

1. Larry Page and Sergey Brin

Pada tahun 2004, pendiri Google ini mendapatkan gaji masing-masing US$ 1 per tahunnya. Padahal, komisaris di Google sudah menawarkan mereka gaji yang besar bahkan terbesar dibanding petinggi perusahaan teknologi lainnya di tahun itu, tapi keduanya menolak. Gak cuma itu saja, mereka juga menolak menerima bonus tahunan, termasuk bonus dari saham

2. Jack Dorsey

Di tahun 2019 ini, CEO Twitter, Jack Dorsey juga cuma mendapatkan gaji US$ 1,4 atau Rp 19 ribuan per tahun. Tapi keputusan ini mungkin gak bakal berdampak lebih bagi kesejahteraan Dorsey, karena kekayaannya telah mencapai US$ 5,4 miliar atau 76 triliunan rupiah. 

Sebenarnya, keputusan nyeleneh yang diambil Dorsey gak cuma tahun ini saja, melainkan sudah dari tahun 2015. Bahkan, ia juga gak mengambil kompensasi atas saham yang dimiliki. 

3. Larry Ellison 

Bos Oracle, Larry Ellison juga cuma menerima US$ 1 per tahunnya sejak tahun 2011 sampai 2018. Padahal jabatannya sangat tinggi dan strategis, yaitu sebagai Chairman dan CTO. Hal ini kontras sekali dengan bawahannya yang menjabat posisi Co-CEO, Safra Catz dan Mark Hurd yang masing-masing membawa pulang gaji US$ 950.000 atau Rp 13 miliaran. 

Tapi, Ellison tetap mengambil keuntungan dari uang-uang penghargaan serta kepemilikan saham.

4. Mark Zuckerberg 

Mark yang menempati posisi orang terkaya kesembilan di dunia versi Majalah Forbes ternyata pernah digaji US$ 1 tiap tahun pada 2013 silam. Di tahun itu juga ia menolak menerima kompensasi atas kepemilikan saham mayoritas Facebook. 

5. David Filo, pendiri perusahaan teknologi Yahoo

David Filo, pendiri perusahaan teknologi Yahoo hanya menerima gaji US$ 1 di tiap tahunnya. Gaji Rp 14.000 per tahun itu sudah dilakoninya sejak tahun 2014 silam. Bahkan ia juga enggan meraup pundi-pundi dari bonus maupun kepemilikan saham. 

Ketahui 4 Keuntungan Investasi Emas Batangan !

uang-digital
Uang Digital

Belakangan ini harga emas batangan lagi menarik perhatian. Pasalnya, harganya sedang mengalami kenaikan sejak beberapa hari yang lalu. Tentu saja kondisi ini cukup menggembirakan untuk mereka yang berinvestasi emas.

Dengan munculnya fenomena kenaikan harga ini, pastinya investasi emas batangan akan semakin menarik di mata banyak orang. Pasalnya, investasi emas dinilai aman dan cukup menguntungkan meski gak lebih dari keuntungan investasi saham.

Selain itu, ada beberapa alasan lainnya untuk investasi emas batangan. Berikut pembahasannya !

1. Nilainya dari dulu hingga sekarang tetap berharga

Sedari dulu emas telah digunakan orang-orang sebagai alat tukar. Dipilihnya logam mulia ini gak mudah korosi dan bisa dibentuk karena bisa dilelehkan panas api.

Selain itu warnanya yang kemilau dan indah menjadikan emas begitu menarik. Dengan ciri khas tersebut, emas kemudian punya nilai sehingga dimanfaatkan orang-orang mempertahankan kekayaaan yang bisa juga diwariskan dari generasi ke generasi.

2. Investasi yang sangat menguntungkan saat nilai dolar mulai turun

Setelah bank sentral Amerika Serikat The Fed menurunkan suku bunga acuan, harga jual emas batangan beranjak naik. Pada saat yang sama pula, nilai tukar dolar terhadap mata uang lainnya melemah alias nilai dolar menurun.

Menurunnya suku bunga The Fed membuat nilai dolar jadi tidak menarik di mata investor. Dana investasi pun kemudian dialihkan dengan membeli emas. Harga emas pun kemudian naik karena tingginya permintaan.

3. Melindungi kekayaan dari inflasi

Inflasi yang berlebihan memang tidak baik untuk banyak orang. Sebab, dampaknya membuat nilai uang atau kekayaan orang terus berkurang. Itulah kenapa sangat penting untuk berinvestasi agar terhindar dari dampak inflasi ini.

Berinvestasi emas batangan menjadi cara yang cukup membantu untuk terhindar dari dampak buruk inflasi ini. Saat nilai inflasi mulai bertambah tinggi, emas tetap bisa stabil dan tidak terkena dampak negatif dari inflasi.

4. Pilihan investasi yang cocok saat situasi tidak pasti

Ketidakpastian mendorong peningkatan harga emas. Seperti yang terjadi saat ini, perang dagang masih berlanjut memunculkan ketidakpastian mengenai kondisi ekonomi ke depannya.

Investor pun bisa ragu-ragu berinvestasi saham dan sebagai pengganti, mereka memilih emas batangan buat mengamankan kekayaannya. Gak heran, emas disebut sebagai safe haven, yaitu pilihan investasi yang minim risiko.

Hati-Hati dengan 3 Pertanyaan Wawancara Kerja Ini !

uang-digital
Uang Digital

Pertanyaan wawancara kerja kadang bikin kandidat geleng-geleng kepala. Ada yang sesuai dengan pekerjaan, tapi ada juga yang melenceng jauh bikin kita kebingungan.

Bahkan, ada juga lho pertanyaan yang sebenarnya pengin menjebak kandidatnya. Kalau salah jawab bisa-bisa malah ngebongkar keburukanmu. Jangan sampai hal ini terjadi saat kamu sedang diwawancara nih!

Berikut ini contoh beberapa pertanyaan wawancara kerja yang umum ditanyakan, tapi justru menjebak dan mengecoh jawabanmu, apa saja? Berikut tipsnya siapa tahu kamu besok atau minggu depan bakal ada interview kerjaan.

1. Bisakah kamu ceritakan tentang dirimu?

Tujuan dari pertanyaan wawancara kerja ini adalah buat mengetahui, seberapa cocoknya si kandidat dengan posisi yang tengah dilamarnya. Yang pengin didengar oleh pewawancara adalah bagaimana gaya berkomunikasi kamu serta keterampilan yang kamu miliki.

Apakah prestasi dan pengalaman yang kamu miliki berguna buat posisi tersebut atau tidak.

Nah, kebanyakan yang terjadi adalah kandidat justru menceritakan tentang kehidupan pribadinya. Ini biasa dilakukan oleh para pelamar kerja pemula.

Bukanya menceritakan pengalaman dan prestasi, mereka justru ngomongin soal keluarga, hobi dan lain-lain. Padahal si pewawancara gak kepengin tahu tentang kehidupanmu.

2. Sebutkan tiga kelebihan dan kelemahanmu

Sama dengan pertanyaan sebelumnya, pertanyaan ini juga ingin mencari tahu kecocokan kamu dengan posisi yang dilamar. Pertanyaan ini akan menggali lebih dalam apa kelebihanmu bisa menjadi aset bagi perusahaan ke depannya, dan apakah kekuranganmu bisa membuat perusahaan justru mengalami penurunan performa.

Ketika menyebutkan soal kelemahan, biasanya kamu akan terlalu berlebihan mengumbarnya ke pewawancara. Nah, jangan sampai kayak gini ya, karena biasanya sih ketika ditanya bagaimana mengatasi kelemahan itu, kamu malah kebingungan sendiri.

3. Kenapa kamu ingin bekerja di perusahaan ini?

Pewawancara penasaran sebenarnya apa sih motivasi kamu melamar di perusahaan ini. Dari pertanyaan ini juga mereka jadi tahu seberapa dalam kamu mencari tahu tentang perusahaan.

Kadang para kandidat sering terkecoh dan terlalu jujur buat menjawab beberapa alasan yang sebenarnya gak pengin didengar oleh pewawancara. Misalnya seperti, “Saya gak mendapatkan bayaran yang sesuai di kantor lama,” atau “Atasan saya galak di tempat saya bekerja,” atau jawaban lain yang menggambarkan keburukan kantor lama kamu.

Jawaban yang sebenarnya diharapkan oleh pewawancara adalah karena kecocokan kamu dengan perusahaan, atau sudah memahami industri perusahaan sehingga tertantang buat terlibat.

5 Rahasia Menghasilkan Uang Saat Liburan

uang-digital
Uang Digital

Menghasilkan uang saat weekend, kenapa tidak? Meski akhir pekan biasanya waktu bersenang-senang bagi kebanyakan orang, ada juga orang yang memanfaatkan waktu akhir pekan mencapai tujuan keuangan yang besar.

Dengan menghasilkan uang di waktu luang di akhir pekan, tentu bisa membuat dompet kamu menjadi penuh.

Lima cara berikut ini bisa membantu menghasilkan uang waktu liburan.

Membuka Pre Order

Apakah kamu tengah berlibur ke suatu kota atau bahkan luar negeri? Setiap tempat yang dituju pastinya memiliki hal-hal unik dan khas yang hanya bisa ditemukan di sana.

Cobalah membuka pre-order dan mengunggah informasi tersebut melalui sosial media milikmu. Teman atau pengikut di sosial media kamu mungkin akan memesan pre-order untuk sebuah produk.

Dengan menaikkan sedikit harganya untuk mereka, maka keuntungannya dapat dijadikan tambahan untuk menutupi biaya liburanmu.

Menjual hasil foto kamu

Selama kamu berlibur, cobalah untuk mengambil foto-foto indah yang sebanyak mungkin. Kamu bisa unggah foto tersebut ke situs-situs foto yang ada bagus hasil foto yang dihasilkan, tentunya semakin banyak uang yang dapat kamu hasilkan juga.

Jadi Freelancer

Ada alasan mengapa saat ini mulai banyak orang-orang yang berprofesi sebagai freelancer. Kebanyakan orang suka menjadi freelancer karena mereka bisa mengatur jadwalnya sendiri, dan bisa bekerja dari manapun yang mereka inginkan.

Meski saat berlibur Anda mungkin tidak ingin diganggu, namun mengerjakan sedikit projek saat sedang bersantai di kamar hotel dapat menjadi sesuatu yang tidak terlalu memberatkan.

Menyewakan rumah

Libur panjang, tentunya kamu tidak akan berada di rumah saat sedang bepergian. Lalu mengapa tidak menyewakan rumahmu untuk mengimbangi biaya berlibur yang dikeluarkan?

Kamu bisa menghubungi orang yang mencari tempat tinggal saat mereka juga sedang berlibur. Tapi tarif sewa ini bervariasi berdasarkan lokasi rumah Anda dan bersamaan dengan permintaan.

Dan yang terpenting, lakukan penelitian sebelumnya mengenai berapa harga yang ditawarkan untuk penyewaan rumah di lingkunganmu. Sehingga kamu bisa mendapatkan harga yang bersaing. Dan tentu saja profil si penyewa.

Menyewakan mobil

Di bandingkan meninggalkan kendaraanmu di bandara atau di garasi saat berlibur, kamu dapat menghasilkan uang dengan menyewakannya ke orang-orang yang membutuhkan transportasi.

Hipcar adalah komunitas penyewaan mobil online yang menawarkan uang kepada siapa saja yang tertarik menyewakan kendaraan mereka kepada wisatawan lain. Biaya sewa mobil yang didapatkan pasti bisa membantu menutupi budget kamu selama berlibur.

Jadi, daripada mobilmu hanya terdiam terparkir di garasi rumah, menyewakannya akan menjadi sebuah pilihan yang sangat menguntungkan.

Itulah 5 cara untuk menghasilkan uang buat kamu yang sedang berlibur. Selamat mencoba!