5 Tips Menghemat Uang Buat Para Pensiunan

uang-online
Uang Online

Tips menghemat uang tidak hanya diperuntukkan buat kalangan anak muda yang notabene suka hidup boros. Tapi kalangan orangtua terutama para pensiunan juga perlu hidup hemat.

Setelah pensiunan ini gak punya pendapatan tetap seperti sebelumnya, tentu mereka harus mulai mengubah pola gaya hidup. Nah, berikut tips menghemat uang buat kalangan pensiun. Yuk simak.

1. Jual rumah

Tips menghemat uang yang pertama untuk para pensiunan adalah menjual rumah dengan tujuan untuk melakukan penghematan pengeluaran.

Pensiunan bisa jual rumah mereka dan membeli rumah baru yang lebih kecil dan sederhana. Selain dapat untung dari jual rumah, hidup di rumah yang lebih kecil dari sebelumnya juga bisa lebih menekan biaya listrik, air dan lainnya.

2. Kurangi makan di luar

Makan di luar seperti di restoran atau kafe memang lebih boros. Nah, jika Anda sudah pensiun, coba deh kurangi jadwal makan Anda di luar.

Kalau biasanya Anda menjadwalkan makan di restoran empat kali dalam sebulan, mungkin Anda bisa kurangi jadi sekali dalam sebulan. Ini tentu saja bakal menghemat pengeluaran.

Solusinya, Anda sering-sering masak-masakan kesukaan sendiri di rumah. Jangan salah, kadang masak-masakan sendiri juga gak kalah rasanya dibanding restoran.

3. Jadilah pembelanja yang cerdas

Walaupun sudah pensiun, jangan mau kalah sama anak muda dalam berbelanja. Kalau anak muda rajin ngintip harga-harga promo dan diskon ketika belanja, Anda juga bisa melakukannya.

Kalau mau belanja sesuatu, Anda bisa cari toko apa saja yang sedang ngasih harga diskon. Anda juga dapat browsing situs-situs yang memberikan promo, diskon harga barang yang sedang Anda cari.

4. Pertimbangkan langganan TV berbayar

Sebagian orang menilai sebuah program di TV berbayar lebih memuaskan dibanding TV antenna yang biasa. Apakah itu juga yang Anda rasakan?

Nah, tips menghemat uang untuk pensiunan berikutnya adalah mempertimbangkan kembali berlangganan.

Anda dapat memilih paket yang lebih murah yang programmnya tetap seru dan menarik. Atau kalau Anda pengin lebih hemat lagi, Anda dapat berhenti langganan TV berbayar dan beralih ke TV antena biasa.

5. Kurangi jumlah kendaraan

Punya banyak kendaraan bermotor di rumah mending dijual aja sebagian. Anda dapat memilih mana saja kendaraan yang jarang dipakai untuk dijual.

Kendaraan beda sama barang properti lho yang harganya terus naik. Kalau harga kendaraan bakal terus menyusut pastinya. Belum lagi harus bayar pajak setiap tahunnya.

Makanya, lebih baik kurangi kendaraan yang dimiliki. Anda bisa jual kendaraan dan uangnya bisa digunakan buat kebutuhan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *