4 Tips Hemat Uang yang Sederhana dan Ramah Lingkungan

uang-online
Uang Online

Untuk berhemat gak harus ribet. Hanya dengan memanfaatkan lingkungan sekitar, penghematan juga bisa dilakukan kok. Jadi tidak hanya hemat, kita pun otomatis turut serta menjaga lingkungan dalam prosesnya.

Gak percaya? Berikut 4 tips hemat uang sederhana dan peduli lingkungan yang bisa kita terapkan setiap hari.

1. Manfaatkan sinar matahari

Anggaran bulanan buat bayar listrik jangan dianggap sepele. Tarif listrik yang udah naik sejak tahun lalu emang kudu disikapi serius. Makanya, hemat menggunakan listrik itu krusial banget.

Caranya mudah kok. Kamu manfaatin aja sinar matahari semaksimal mungkin. Sinar matahari sangat berguna buat pencahayaan rumah di siang hari.

Pastikan rumah kamu sudah terpasang jendela dan beberapa genting kaca, agar cahaya matahari bisa masuk ke bagian dalam rumah. Tips hemat uang ini juga bisa sekaligus menghemat energi lho.  

2. Gunakan alat cukur biasa

Buat para pria, tips hemat uang berikut bisa dilakukan adalah dengan memilih alat cukur. Udah pasti kalau kumis atau janggut panjang, gak tahan pengin dicukur kan?

Nah, buat menghemat uang, sebaiknya gunakan alat cukur biasa atau tradisonal daripada yang elektrik. Selain harganya relatif lebih murah, alat tradisional juga gak perlu mengeluarkan energi seperti listrik atau baterai.

3. Cuci baju sendiri

Memiliki mesin cuci emang ngebantu banget buat orang yang malas nyuci pakaian. Tinggal menyalakan mesin, isi air, masukkin deterjen dan pakaian yang mau dicuci, udah deh biarin mesin yang bekerja.

Tapi konsekuensinya ya udah pasti pengggunaan listrik makin bertambah. Belum lagi mengeringkan bajunya juga pakai mesin. Udah tentu pemakaian listrik terus ngalir deh.

Nah, untuk melakukan penghemat uang dan energi, coba deh mulai nyuci baju dan mengeringkan sendiri menggunakan cahaya matahari. Ini akan lebih baik dan gak bikin boros pengeluaran.

4. Jalan kaki atau bersepeda

Hasil penelitian yang dilakukan Universitas Standford pada tahun lalu menyebutkan kalau orang Indonesia merupakan orang yang paling malas jalan kaki sedunia.

Penelitian tersebut emang ada benarnya. Mau ke warung yang lokasinya dekat aja kita kadang sering pakai motor.

Nah, mulai sekarang yuk coba biasakan berjalan kaki aja. Misalnya kalau lokasi kantor tempat kerja dekat dengan tempat tinggal, apa salahnya berjalan kaki atau menggunakan sepeda.

Selain bisa berhemat, jalan kaki dan bersepeda juga bisa bikin sehat badan lho. Apalagi buat yang jarang banget olahraga. Tips ini juga cocok buat menjaga kebugaran tubuh kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *