Berani Makan Kuliner Unik dari Rusia Ini? Yuk, Ketahui Dulu Di sini

kuliner unikAda banyak hal menarik yang bisa kita ulik dari Negara Rusia. Mulai dari budayanya, keindahan negaranya, sampai kuliner unik yang mereka miliki. Untuk kamu dan beberapa orang yang nggak tinggal di Rusia, makanan dan minuman ini terlihat aneh. Penasaran gimana rasanya? Kamu bisa lihat selengkapnya di bawah ini.

Seledka s lukom

Dari namanya saja udah aneh ya kita dengar, olahan ikan herring ini sering dikonsumsi oleh masyarakat Rusia. Sebutan lain dari kuliner unik ini adalah acar ikan, dimana daging ikan mentah direndal dalam olive oil. Tambahkan bawang bombay dan simpan beberapa hari agar rasanya sempurna. Olahan tersebut biasanya digunakan sebagai isian sandwich maupun dimakan bersama salad kentang.

Holodets (puding daging)

Puding yang kita kenal biasanya menggunakan susu, buah-buahan dan krim. Tapi Rusia memperkenalkan hidangan bernama holodets atau puding dari daging. Hidangan kuliner unik puding ini terbuat dari kaldu tulang babi atau sapi dengan cincangan dagingnya. Ada juga versi daging ikan bernama zalivnoe. Tertarik mau mencobanya nggak?

Selyodka pod shuboy

Salad khas Rusia disajikan berlapis ini akan membuat kamu ketagihan. Terdiri dari salad ikan dan sayur yang sudah direbus. Kemudian dilapisi oleh buah bit parut yang sudah dicampur mayonnaise. Terlihat agak aneh, namun kudapan ini menjadi menu pembuka populer bagi masyarakat Rusia.

Salo

Terlihat sekilas mirip dengan bacon, tetapi nggak mengandung daging. Salo menggunakan lemak babi di bagian daerah punggung yang diiris tipis dan dibumbui. Hanya dengan lada dan garam tetap memiliki ciri khas pada tiap daerah. Ada yang diawetkan bersama rosemary, dimakan secara mentah tetapi bisa juga dimasak terlebih dulu.

Varenyky

Pangsit biasanya berisi daging cincang atau sayuran. Kalau Rusia mengeluarkan pangsit bernama varenyky berisi manisan buah ceri. Wah, gimana ya rasanya? Kalau ada kesempatan datang ke Rusia, mana diantara makanan tersebut yang akan kamu coba? Yuk, cobain kuliner unik di berbagai negara agar kamu semakin mengenal cita rasanya.

Wajib Coba! 4 Kreasi Jajanan Unik dari Kentang Ini Hits Banget

kreasi jajanan unikKamu suka kentang goreng? Biasa disebut french fries, camilan ini sudah ada sejak lama dan selalu menjadi favorit. Rasa gurih dengan tekstur renyah, membuat siapa pun ketagihan. Di beberapa negar kentang hanya menjadi sebuah camilan, sedangkan di Eropa dan Amerika dikonsumsi sebagai makanan pokok. Kandungan karbohidrat di dalamnya sudah mampu menutrisi dan mengandung sejumlah vitamin A, B-kompleks, C dan asam folat. Saat ini, kentang pun sudah dikreasikan menjadi beberapa olahan kuliner. Berikut beberapa kreasi jajanan unik yang terbuat dari kentang.

Buttermilk Truffle Fries

Pertama ada kreasi jajanan unik truffle fries yang memiliki tekstur kulit yang garing. Tekstur tersebut dihasilkan karena sudah dicampur terlebih dahulu dengan adonan buttermilk. Pada bagian dalamnya terasa lembut dan semakin sempurna ketika siraman minyak truffle aromatik beraroma tercampur. Mau nyoba? Sudah ada di kedai kopi daerah pantai Indah Kapuk, Jakarta.

Hottang

Singkatan dari gabungan dua kreasi jajanan unik yaitu hotdog dan kentang. Saking kekiniannya, sering ada dalam drama Korea dengan nama Tokkebi. Sesuai dari nama makanan ini yaitu terdiri dari sosis. Kemudian potongan kentang yang menutupi sosisnya dan digoreng sampai kering.

Pom Pom Potatoes

Ada yang lebih enak selanjutnya pom pom kentang ini harus menggunakan kentang tumbuk. Kenikmatannya terasa sempurna karena diisi dengan keju mozarella. Anak-anak dan dewasa juga suka menjadikannya sebagai camilan di rumah saat weekend.

Tater Tots

Sebagian orang mengenal jajanan ini sebagai nugget kentang yang digoreng. Kudapan ini menawarkan kenyang empuk pada bagian dalam dan luar kulitnya yang renyah saat kamu menggigitnya. Ada beberapa rasa yang ditawarkan untuk menambah cita rasa untuk konsumen yang mencobanya.

Extra Long Fries

Kalau ini lagi rame banget nih di media sosial. Rasanya sama seperti kentang pada umumnya, namun untuk soal ukuran memang beda jauh. Ukurannya pun yang sangat panjang membuat camilan Jepang menjadi menarik dan dicari oleh para pencinta jajanan.

6 Inovasi Makanan Ini Unik Banget Lho! Tertarik Nyoba?

inovasi makananApa yang ada dipikiran kamu ketika menemukan makanan yang digabungkan oleh teknologi? Terbukti saat ini teknologi sudah menembus industri makanan. Dari banyaknya makanan masa kini, sudah menggabungkan beragam teknologi yang canggih. Sehingga menghasilkan makanan yang canggih dan tetap dengan rasa istimewa. Simak selengkapnya di sini.

Geometric desserts

Disebut sebagai geometric kue ini menyerupai bentuk geometi dengan sisi simetris. Hanya anak arisitektur yang bisa membuat makanan ini menjadi sempurna. Pembuatnya memang kebanyakan dari lulusan arsitek dengan kemampuan suka membuat kue. Inovasi makanan dengan bentuk ini sangat unik dan membuat kamu yang membelinya nggak tega saat akan memakannya.

Ring-pull Coconut

Saat membeli kelapa, kamu nggak perlu repot membelah kulit yang keras untuk menikmati air dan daging buahnya. Kemasan kelapa ini menjadi inovasi makanan dengan cincin pengancing yang mirip seperti bagian pembuka kaleng minuman. Kamu akan semakin mudah membukanya dengan menarik cincinya.

Transparent Coffee

Mungkin kamu sedikit heran dengan inovasi makanan ini. Sebenarnya ini adalah kopi yang terlihat seperti air mineral biasa. Terbuat dari biji kopi Arabika, warna bening transparan ini nggak bikin gigimu kusam apalagi mengotori baju.

Raindrop Cakes

Makanan pencuci mulut atau yang biasa disebut dessert ini berasal dari Jepang. Memiliki bentuk tetesan air yang berukuran cukup besar. Bahan yang digunakan terbuat dari agar-agar, namun nggak ada rasanya. Biasanya kue ini diberi semacam bubuk kedelai panggang dan sirup gula disebut kuromitsu agar rasanya lebih sempurna.

Rainbow Burger

Burger identik dengan roti yang berwarna coklat dan warna segar dari sayur-sayuran yang digunakan. Warna coklat, hijau, merah, coklat tua berpadu sempurna agar makanan lebih menarik saat disajikan. Nah, beda dengan inovasi makanan burger pelangi dengan aneka ragam warna. Untuk rasa jangan diragukan karena tetap lezat seperti burger pada umumnya.

3D-printed Candy

Bukan seperti permen biasanya, karena inovasi makanan permen ini dicetak dalam bentuk tiga dimensi. Ada banyak pilihan rasa yang ditawarkan untuk kamu bisa menikmatinya. Permen ini dikeluarkan oleh kuliner 3D di Melrose dan Highland, Los Angeles, Amerika Serikat.

Bukan Cuma Indonesia, Ini 6 Gorengan Unik dari Berbagai Negara!

gorengan unikSudah pasti di negara kita banyak banget kan tukang gorengan di mana-mana. Jajanan ringan yang biasanya ada dipinggir jalanan ini memang nggak lekang oleh waktu. Pagi, siang, malam, kenikmatan yang dirasakan akan sama saja. Sebelum kamu mengaku anak gorengan banget cobain deh hidangan tradisional gorengan unik dari berbagai negara berikut ini.

Pakora, India

Gorengan unik pertama ada dari India, terbuat dari sayuran dan tepung kacang chickpea. Bahan yang digunakan relatif lebih sehat karena bebas gluten. Memiliki banyak jenis yaitu selain sayur ada onion pakora terbuat dari bawang bombay. Kamu bisa menikmatinya dengan saus alpukat yang dicelupakn sebagai sambalnya. Hmm, yummy!

Kakiage, Jepang

Di Indonesia, gorengan unik bernama kakiage ini bisa disandingkan dengan bakwan, bala-bala dan ote-ote. Makanan ini berasal dari Jepang dan menggunakan bahan sayuran yang sudah dicampur dengan adonan tepung tempura. Setelah digoreng hasilnya akan memiliki tekstur renyah dengan rasa gurih yang enak. Jika kamu mampir ke restoran ramen atau udon, biasanya kakiage dijual untuk menu makanan pendamping.

Twigim, Korea Selatan

Makanan bernama twigim asal Korea ini digoreng bersama tepung bumbu. Kalau kamu lagi jalan-jalan di pinggir kota pasti mudah menemukan jajanan ini. Jenisnya beragam, dari twigim sayuran (yachae twigim), telur (gyeran twigim), cumi-cumi (ojingeo twigim), singkong (goguma twigim), udang (saewoo twigim), dan masih banyak lainnya.

Beguni, Bengali

Hampir sama dengan twigim, beguni hanya menggunakan satu jenis sayuran yaitu terong. Makanan yang berasal dari Bengali ini bisa adalah gorengan unik buatan rumah karena pembuatannya sederhana. Dengan memotong terong tipis-tipis, celupkan tepung bumbu dan goreng hingga kecoklatan. Beguni menjadi camilan yang biasa di makan di malam hari saat Ramadan lho.

Acar, Amerika Serikat

Lebih enak dimakan langsung bersama dengan makanan utama, tetapi berbeda dengan jenis acar ini. Pertama kali dipopulerkan melalui acara masak TV Amerika tahun 1960-an. Kemudian banyak masyarakat yang membuatnya sendiri di rumah.

Coca-Cola goreng, Texas

Bukan cuma minuman bersoda, di Texas seseorang bernama Abel berhasil membuat satu gorengan unik. Tahun 2006, Abel menghasilkan gorengan dengan bahan cola. Adonan roti rasa Coca-cola dibekukan dengan minyak panas. Kemudian disajikan dengan gula halus dan sirup rasa cola. Hmm, bikin pengen nyobain ya.

Ternyata Ini Camilan Unik dari Berbagai Negara yang Harus Kamu Coba!

camilan unikKalau kamu travel sejati suka melancong, nggak lengkap kalau belum coba camilan unik di berbagai negara. List makanan ini disajikan untuk kamu yang emang suka sama jajanan kaki lima dengan rasa luas biasa. Harganya juga terjangkau kok, jadi tenang aja kalau nemu makanan ini di negara yang sedang kamu kunjungi jangan ragu beli ya! Simak di sini.

Suppli

Pernah denger nama makanan suppli? Memiliki arti “kejutan” di mana dalam makanannya terdapat keju mozzarella. Kejunya akan meleleh saat kamu menggigitnya, kebayang dong enaknya gimana. Resep utama yang digunakan adalah beras dan ragu (campuran daging dan tomat). Suppli dijual oleh pedagang kaki lima, tapi sekarang sudah bisa ditemukan pada kedai pizza di Roma. Kalau mau tau rasa camilan unik secara langsung, nabung deh untuk pergi ke Italia guys.

Egg Waffle

Waffle telur dalam bahasa Canton ini disebut gai daan jai. Pertama kali hadir di Hongkong, tahun 1950-an dan menjadi camilan unik dan populer pada masanya hingga kini. Dengan bentuknya yang unik berasal dari wadah memasak kue yang menyerupai telur. Egg waffle ini akan terasa lebih nikmat jika disantap saat masih hangat. Ada beberapa varian seperti rasa original, adapula dengan topping buah-buahan atau coklat. Variasi lainnya bahan kue dengan adonan rasa coklat, jahe dan green tea.

Arancini

Ada lagi camilan unik dari Italian, Arancini sudah ada sejak kaisar kuno lho! Berbentuk bola nasi dengan mozzarella, diberikan bumbu dan digoreng dengan remahan roti. Nikmati sensasinya dengan saus atau sambal yang kamu sukai, dijamin bikin nagih!

Chestnut

Kalau sedang di bioskop biasanya kamu akan pilih menu seperti popcorn, nachos atau hot dog. Tapi kamu bisa membeli camilan unik yang berbeda yaitu chestnut. Proses makanan ini dikeringkan, dipanggang dan ditempatkan dalam kantong tertutup untuk nonton bioskop. Kebiasaan ini ada di Jepang, tapi kamu bisa membeli makanan chestnut secara online kalau pengen banget coba.

Churros

Camilan unik ini dipopulerkan oleh negara Spanyol. Kuliner ini sudah terkenal dan disukai hampir ke seluruh negara, salah satunya Indonesia. Tapi kalau mau rasakan yang paling enak hanya ada di negara asalnya. Dibuat dari adonan donat yang digoreng kemudian bentuknya yang memanjang menjadi ciri khasnya. Untuk lebih sempurna, churros biasanya ditemani dengan coklat meleleh. Udah pernah?

Udah Pernah Cicip 5 Makanan Unik Ini? Nggak Nyesel Deh!

makanan unikKamu pencinta kuliner? Sebagian dari kamu pasti sudah menyadari, bahwa tiap tahun akan ada sebuah tren baru. Mulai dari pergantian tren fashion, rambut dan makanan pun termasuk memiliki banyak inovasi. Salah satu toko makanan di Amerika selalu membuat makanan terbaru tiap tahunnya. Berikut ini beberapa makanan unik yang harus kamu coba.

Blue Ramen

Negara Jepang selalu berhasil menciptakan kreasi makanan unik dari yang paling lucu hingga nggak masuk akal. Varian ramen berwarna biru disajikan pada satu restoran bernama Kipposhi. Metode memasak dari Cina yang didapatkan menghasilkan kuah ayam berwarna biru dan bening. Bahan ramennya nggak menggunakan bahan kimia sama sekali lho, karena menggnakan bahan alami ekstrak spirulina.

Pink Bread Hawaii

Buat yang sedang diet rendah karbohidrat pasti membutuhkan makanan unik ini. Tren penjualan roti menurun karena kebiasaan masyarakat diet tersebut. Banyak perusahaan yang bekerja keras agar konsumen kembali. Ada satu perusahaan yang berani mengeluarkan sebuah roti tinggi protein, sayur, serta rendah protein. Roti ini akan menarik perhatian pembeli karena memiliki warna pink dan merah.

Burger Sayur

Para veggie atau mereka yang vegan sudah bisa nih mencicipi makanan berupa burger. Biasanya memang burger berisi sayur, namun makanan ini sudah dimodifikasi menjadi burger dengan bahan mengandung protein. Kamu yang bukan vegan juga boleh lho mencicipinya karena memperbaiki pola makan sehat dan seimbang. Kekurangan yang dimiliki dari produk makanan unik ini kadang disajikan terlalu kering dan tak segar. Tetapi mulai ada restoran yang membuatnya tidak kering dengan rasa burger mirip dengan daging karena adanya molekul zat besi dan legume.

Neon Noodle

Nah, makanan unik berikut ini adalah inovasi mi terbaru dengan warna terang dan nggak biasa. Kalau kamu berani nyoba, sensasi nyetrum akan terasa saat kamu memakannya. Ilmuan Jepang berhasil menghasilkan mi ini. Belum ada ya di Indonesia, jadi kalau penasaran dengan rasanya coba langsung dateng ke negaranya ya guys!

Kue tart pete

Orang Indonesia udah nggak asing sama pete kan pastinya! Kreasi makanan unik dengan pete ini bisa jadi kue ulangtahun lho! Bahan yang digunakan tentunya adalah pete, yang terdiri dari nasi putih, ayam, udang, sambel pete. Wah, pasti tergiur kan sama rasanya yang menggoda?

Yuk, Cobain 5 Makanan Khas Jawa Tengah yang Unik Ini!

makanan khas jawaMakanan olahan dari seluruh negara bisa menghasilkan sebuah kuliner yang enak. Setiap daerah biasanya memiliki cita rasa masakan sendiri. Maka terciptalah tradisi kuliner yang berbeda-beda, dengan rasa beragam. Ketika kamu bertamu atau berwisata ke suatu daerah, coba manfaatkan pengalaman tersebut untuk mencicipi masakannya. Simak makanan khas Jawa berikut ini pasti bikin kamu jatuh cinta deh!

Sate klathak

Sate ini menjadi salah satu makanan khas Jawa paling populer bagi para wisatawan. Dengan bahan dasar kambing, namun bukan sate kambing pada umumnya. Daging yang digunakan dari kambing muda dan dimasak dengan cara berbeda yaitu dibakar dengan tambahan garam. Disajikan begitu saja tanpa tambahan bumbu kecap, kamu bisa menemukannya di daerah Bantul. Cukup dengan Rp 7.000 – Ro 15.000 kamu akan dapat satu porsi sate enak ini.

Nasi gandul

Pernah denger atau coba nasi ini? Makanan khas Jawa dengan sebutan nasi gandul ini sebenarnya adalah nasi uduk dengan daun pisang. Memiliki rasa lebih gurih dan tambahan lauk berupa daging sapi dan kuah segar. Wangi sedap daun pandannya yang dihasilkan ketika kamu sedang menikmatinya akan sangat terasa. Siapkan uang Rp 12.000 – Rp 20.000 saja ya, kamu akan nikmatin sensasi makanan daerah Pati ini.

Tengkleng gajah

Eits, jangan takut dulu ya dengan makanan khas Jawa yang ini. Kamu nggak akan makan daging gajah kok, karena menggunakan kambing. Penyajiannya dalam porsi besar menjadi asal mula nama ini tercipta. Dimasak dengan dua cara yaitu tengkleng dibuat tongseng dan digoreng biasa. Temukan menu tengkleng di Sleman dengan harga sedikit lebih mahal yaitu Rp 30.000 sampai Rp 40.000. Jangan khawatir, satu mangkuk/piringnya bisa dimakan untuk dua orang dewasa lho!

Sego godog

Dalam Bahasa Indonesia disebut nasi rebus, menjadi makanan yang hampir menyerupai bakmi rebus jawa. Nasi menjadi bahan dasar dalam menu ini dengan tambahan suwiran ayam, bihun, telur, sayuran dan kuah kaldu nikmat. Dapat kamu temui di Bantul dan Magelang, jangan lupa siapkan sekitar Rp 13.000 – Rp 17.000 ya!

Nasi grombyang

Disajikan dalam mangkuk kecil ditambah lauk daging kerbau serta kuah. Nama unik ini bermula karena penyajiannya seperti digoyang-goyang atau grombyang. Berasal dari daerah Pemalang, gampang banget buat bisa menyicipi nasi tersebut. Warung-warung makan kecil pinggir jalan memberikan harga antara Rp 15 ribu – Rp 20 ribu.