5 Tips Menghemat Uang Buat Para Pensiunan

uang-online
Uang Online

Tips menghemat uang tidak hanya diperuntukkan buat kalangan anak muda yang notabene suka hidup boros. Tapi kalangan orangtua terutama para pensiunan juga perlu hidup hemat.

Setelah pensiunan ini gak punya pendapatan tetap seperti sebelumnya, tentu mereka harus mulai mengubah pola gaya hidup. Nah, berikut tips menghemat uang buat kalangan pensiun. Yuk simak.

1. Jual rumah

Tips menghemat uang yang pertama untuk para pensiunan adalah menjual rumah dengan tujuan untuk melakukan penghematan pengeluaran.

Pensiunan bisa jual rumah mereka dan membeli rumah baru yang lebih kecil dan sederhana. Selain dapat untung dari jual rumah, hidup di rumah yang lebih kecil dari sebelumnya juga bisa lebih menekan biaya listrik, air dan lainnya.

2. Kurangi makan di luar

Makan di luar seperti di restoran atau kafe memang lebih boros. Nah, jika Anda sudah pensiun, coba deh kurangi jadwal makan Anda di luar.

Kalau biasanya Anda menjadwalkan makan di restoran empat kali dalam sebulan, mungkin Anda bisa kurangi jadi sekali dalam sebulan. Ini tentu saja bakal menghemat pengeluaran.

Solusinya, Anda sering-sering masak-masakan kesukaan sendiri di rumah. Jangan salah, kadang masak-masakan sendiri juga gak kalah rasanya dibanding restoran.

3. Jadilah pembelanja yang cerdas

Walaupun sudah pensiun, jangan mau kalah sama anak muda dalam berbelanja. Kalau anak muda rajin ngintip harga-harga promo dan diskon ketika belanja, Anda juga bisa melakukannya.

Kalau mau belanja sesuatu, Anda bisa cari toko apa saja yang sedang ngasih harga diskon. Anda juga dapat browsing situs-situs yang memberikan promo, diskon harga barang yang sedang Anda cari.

4. Pertimbangkan langganan TV berbayar

Sebagian orang menilai sebuah program di TV berbayar lebih memuaskan dibanding TV antenna yang biasa. Apakah itu juga yang Anda rasakan?

Nah, tips menghemat uang untuk pensiunan berikutnya adalah mempertimbangkan kembali berlangganan.

Anda dapat memilih paket yang lebih murah yang programmnya tetap seru dan menarik. Atau kalau Anda pengin lebih hemat lagi, Anda dapat berhenti langganan TV berbayar dan beralih ke TV antena biasa.

5. Kurangi jumlah kendaraan

Punya banyak kendaraan bermotor di rumah mending dijual aja sebagian. Anda dapat memilih mana saja kendaraan yang jarang dipakai untuk dijual.

Kendaraan beda sama barang properti lho yang harganya terus naik. Kalau harga kendaraan bakal terus menyusut pastinya. Belum lagi harus bayar pajak setiap tahunnya.

Makanya, lebih baik kurangi kendaraan yang dimiliki. Anda bisa jual kendaraan dan uangnya bisa digunakan buat kebutuhan lain.

4 Tips Keuangan Jadul Ini Masih Relevan

uang-online
Uang Online

Emang gampang kalo kita mau cari tips keuangan. Tinggal Googling aja sebentar, pasti nemu banyak banget. Mulai dari yang paling sederhana sampai yang paling canggih, bahkan dengan memanfaatkan aplikasi.

Emang benar sih, beda zaman beda juga penanganan terhadap suatu masalah. Namun, bukan berarti semua hal pada zaman dulu itu benar-benar udah basi alias gak bisa kepakai lagi.

Mau bukti? Berikut ini tips keuangan yang dianggap jadul tapi ternyata emang bisa bikin kamu merdeka finansial.

1. Selalu menabung meski nilainya kecil

Sampai sekarang gak ada yang bisa menyangkal kalau tabungan itu adalah penyelamat saat lagi susah. Namun, tetap aja masih banyak yang malas melakukan ini dalam hidupnya.

Asal tahu aja nih, sekecil-kecilnya nilai yang kamu tabungkan, ujung-ujungnya bakal bermanfaat banget ke depannya. Kamu pasti pernah dengar cerita orang yang membeli motor Kawasaki Ninja hanya dengan menabung uang receh? Itu cuma satu contoh kecil aja.

Intinya, untuk menjalankan tips keuangan yang satu ini kamu harus konsisten dan punya komitmen. Dijamin deh perlahan-lahan kamu mulai menapaki jalan menuju merdeka finansial.

2. Investasi emas

Bicara investasi, orang-orang dulu paling percaya sama emas. Kenapa bisa gitu? Katanya nilai emas itu lebih pasti dan harganya pasti bakal lebih mahal daripada sekarang.

Faktanya emang benar demikian. Emas itu bisa dibilang pasti karena harganya gak pernah turun dari tahun ke tahun, meski gak sebesar harga saham.

Gak heran kalau tips keuangan ini diterapkan banyak orang. Gak peduli perhiasan atau batangan yang penting investasi emas.

3. Daripada menyewa rumah, mendingan beli

Buat mereka, lebih baik punya rumah walau itu harus dicicil lewat KPR selama 20 tahun. Soalnya rumah sendiri itu bermanfaat sebagai aset yang punya daya jual tinggi.

Makanya gak heran kalau orang-orang zaman dulu itu rata-rata punya rumah sendiri. Wong cara berpikirnya seperti gitu kok.

Tips keuangan ini tentu aja pas banget buat kita yang hidup di zaman sekarang, apalagi sebuah riset pernah menyebut generasi milenial di masa depan bakal kesulitan punya rumah sendiri karena kenaikan gaji gak sebanding sama kenaikan harga rumah.

4 Tips Hemat Uang yang Sederhana dan Ramah Lingkungan

uang-online
Uang Online

Untuk berhemat gak harus ribet. Hanya dengan memanfaatkan lingkungan sekitar, penghematan juga bisa dilakukan kok. Jadi tidak hanya hemat, kita pun otomatis turut serta menjaga lingkungan dalam prosesnya.

Gak percaya? Berikut 4 tips hemat uang sederhana dan peduli lingkungan yang bisa kita terapkan setiap hari.

1. Manfaatkan sinar matahari

Anggaran bulanan buat bayar listrik jangan dianggap sepele. Tarif listrik yang udah naik sejak tahun lalu emang kudu disikapi serius. Makanya, hemat menggunakan listrik itu krusial banget.

Caranya mudah kok. Kamu manfaatin aja sinar matahari semaksimal mungkin. Sinar matahari sangat berguna buat pencahayaan rumah di siang hari.

Pastikan rumah kamu sudah terpasang jendela dan beberapa genting kaca, agar cahaya matahari bisa masuk ke bagian dalam rumah. Tips hemat uang ini juga bisa sekaligus menghemat energi lho.  

2. Gunakan alat cukur biasa

Buat para pria, tips hemat uang berikut bisa dilakukan adalah dengan memilih alat cukur. Udah pasti kalau kumis atau janggut panjang, gak tahan pengin dicukur kan?

Nah, buat menghemat uang, sebaiknya gunakan alat cukur biasa atau tradisonal daripada yang elektrik. Selain harganya relatif lebih murah, alat tradisional juga gak perlu mengeluarkan energi seperti listrik atau baterai.

3. Cuci baju sendiri

Memiliki mesin cuci emang ngebantu banget buat orang yang malas nyuci pakaian. Tinggal menyalakan mesin, isi air, masukkin deterjen dan pakaian yang mau dicuci, udah deh biarin mesin yang bekerja.

Tapi konsekuensinya ya udah pasti pengggunaan listrik makin bertambah. Belum lagi mengeringkan bajunya juga pakai mesin. Udah tentu pemakaian listrik terus ngalir deh.

Nah, untuk melakukan penghemat uang dan energi, coba deh mulai nyuci baju dan mengeringkan sendiri menggunakan cahaya matahari. Ini akan lebih baik dan gak bikin boros pengeluaran.

4. Jalan kaki atau bersepeda

Hasil penelitian yang dilakukan Universitas Standford pada tahun lalu menyebutkan kalau orang Indonesia merupakan orang yang paling malas jalan kaki sedunia.

Penelitian tersebut emang ada benarnya. Mau ke warung yang lokasinya dekat aja kita kadang sering pakai motor.

Nah, mulai sekarang yuk coba biasakan berjalan kaki aja. Misalnya kalau lokasi kantor tempat kerja dekat dengan tempat tinggal, apa salahnya berjalan kaki atau menggunakan sepeda.

Selain bisa berhemat, jalan kaki dan bersepeda juga bisa bikin sehat badan lho. Apalagi buat yang jarang banget olahraga. Tips ini juga cocok buat menjaga kebugaran tubuh kan?

3 Cara Mudah Mendapatkan Modal Investasi

uang-online
Uang Online

Banyak orang yang tidak memiliki modal investasi karena masih saja beranggapan kalau investasi itu hanya diperuntukkan buat orang-orang tajir.

Padahal di era modern ini, kamu sudah bisa mulai berinvestasi dengan modal yang cukup kecil. Bahkan ada yang hanya bermodalkan uang Rp 100 ribu lho.

Walaupun begitu, masih ada saja orang yang tidak mau menggelontorkan uang setiap bulan dengan alasan penghasilannya pas-pasan buat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencari modal investasi? Berikut 3 caranya:

1. Menjual barang tak terpakai

Punya barang yang sudah tak terpakai di rumah? Nah, daripada cuma bikin rumah semakin sumpek dan bahkan bisa menjadi sarang nyamuk, alangkah baiknya jika kamu jual.

Apalagi sekarang sudah sangat mudah untuk menjual barang bekas untuk menghasilkan uang yang bisa kamu gunakan sebagai modal investasi.

Kamu bisa menjualnya dengan membuat akun sosial media khusus barang-barang preloved kamu atau menjual di situs jual beli khusus barang bekas. Salah satunya adalah Carousell.

2. Mencari freelance atau part time

Freelance atau part time juga bisa kamu jadikan alternatif untuk mendapatkan uang tambahan yang memang akan kamu alokasikan untuk investasi.

Misalkan saja kamu jago menulis artikel, nah kamu bisa banget tuh mencoba mengambil pekerjaan itu untuk mengisi waktu luang di akhir pekan.

Selain itu, jenis pekerjaan ini juga dapat kamu lakukan di rumah karena hanya bermodalkan internet dan tentu saja laptop.

Setiap artikel yang ditulis  akan mendapatkan bayaran tergantung sesuai dengan kebijakan dari masing-masing perusahaan.

3. Menyisihkan Rp 10 ribu setiap hari

Tidak punya barang bekas dan gak punya keahlian khusus juga untuk melakukan freelance. Tidak perlu khawatir, kamu masih tetap bisa kok mendapatkan modal investasi. Gimana caranya?

Ya, mulai dengan menyisihkan uang setiap hari. Gak perlu besar, sebagai tahap awal, kamu hanya perlu menggelontorkan uang Rp 10 ribu ke dalam celengan.

Perlu diketahui bahwa faktor utama keberhasilan investasi itu adalah konsistensi. Jadi, setiap bulan kamu diharuskan untuk melakukan top up dana agar jumlah investasi kamu semakin besar dan terus berkembang biak. Dengan demikian, keuntungan atau return yang kamu dapatkan juga lebih maksimal.

Terapin 3 Tips Ini untuk Mengatur Keuangan Pribadi Kamu !

uang-online
Uang Online

Mengatur keuangan pribadi bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang karena cuma butuh cara budgeting simpel agar keuangan kamu tetap stabil. Akan tetapi, bakal jadi susah kalau kamu gak bisa patuh pada pengaturan bujet yang udah dibikin.

Nah, biar gak kesulitan buat memulai pengaturan keuangan pribadi. Coba deh tips simpel tanpa ribet berikut ini. Simpel tapi dijamin bikin dompet kamu tebel.

1. Tunda keinginan

Perlu diakui bahwa keinginan adalah salah hal yang paling sulit dibendung, bahkan dibandingkan dengan kebutuhan.

Terkadang kamu bisa tunda beberapa kebutuhan, contohnya menunda buat bayar tagihan. Akan tetapi, kamu merasa sulit buat menunda keinginan karena merasa gak ada kesempatan di lain waktu.

Contoh, kamu lihat pakaian menarik di satu toko. Kamu pengin banget buat beli bukan karena kebutuhan tetapi takut pakaian tersebut nantinya gak ada lagi. Hal ini harus dihindari demi menjaga keuangan pribadi.

2. Beli merek sesuai penghasilan

Sering kali keuangan pribadi habis karena kamu mungkin terlalu maksain diri buat beli barang-barang brandedGoal-nya? Mungkin agar dipandang keren.

Gak salah buat punya barang bermerek. Namun, mindset buat cuma pamer aja sebaiknya dibuang jauh-jauh deh. Mark Zuckerberg aja bangga sama kaos abu-abunya yang itu-itu aja.

Bila kamu emang butuh barang branded karena alasan lebih berkualitas dan tahan lama, itu lebih baik. Kemudian, sebisa mungkin sesuaikan dengan penghasilan kamu saat ini. Dengan demikian, kamu gak perlu maksa buat ngutang ‘cuma’ buat bisa punya barang tersebut.

3. Hati-hati sering belanja yang bernominal kecil

Ini nih kadang yang gak sadar bikin keuangan pribadi ga teratur pas akhir bulan. Ngeluarin duit ratusan ribu biasanya bikin mikir tetapi bila jumlahnya cuma ribuan, kamu gak terlalu permasalahkan.

Pepatah “sedikit demi sedikit jadi bukit” berlaku buat poin ini. Nominal yang kecil jika dihitung-hitung ternyata menghabiskan sebagian besar gaji kamu.

Contoh, kamu sudah terbiasa untuk beli air mineral paling tidak dua botol per hari. Harganya Rp 4 ribu. Nah, kalau kamu lakukan itu selama sebulan maka kamu keluarkan uang Rp 120 ribu per bulan.

Ikuti Tips dan Trik Ini Biar Garage Sale Laku Keras !

uang-online
Uang Online

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan banyak uang. Salah satunya adalah dengan menjual barang bekas melalui garage sale. Daripada barang bekas hanya menumpuk di rumah mendingan kamu jual di garage sale deh.

Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan buat mendulang banyak pundi-pundi uang lewat garage sale alias barang dagangan kamu laku keras.

Gimana caranya? Gak usah berlama-lama lagi, langsung aja yuk ikuti tips dan triknya di bawah ini.

1. Memilih barang yang ingin dijual

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memilih barang apa aja yang ingin kamu jual di garage sale, seperti pakaian, aksesoris, perabot rumah dan lainnya.

Namun, sebelum dijual pastikan kalau barang tersebut masih layak digunakan ya dan jangan lupa untuk melakukan pembersihan terlebih dahulu sebelum dijual.

Ya, gak mungkin juga kamu menjual barang yang berdebu dan kotor. Siapa juga yang mau beli kalau bentuk barangnya seperti itu.

2. Menentukan harga jual

Poin ini bisa dibilang penting banget lho yaitu menentukan harga jual. Karena nyatanya, masih banyak sekali orang yang belum tahu gimana cara menentukan harga yang pas saat menjual barang.

Jadi, kamu perlu tahu betul nih harga pasaran buat barang tersebut. Kamu bisa mencarinya lewat website atau forum jual beli barang bekas buat mencari tahu kisaran harganya.

3. Memilih lokasi jual yang tepat

Setelah sudah mengetahui barang apa aja yang ingin dijual dan menemukan harga yang tepat. Saatnya buat memilih lokasi jual yang tepat.

Sesuaikan lokasi jual dengan jumlah barang serta keuntungan yang akan kamu peroleh. Jika barang milikmu totalnya tidak terlalu banyak, sebaiknya dijual lewat online saja. Jadi, kan gak perlu keluar modal tambahan untuk sewa booth.

4. Desain garage sale kamu semenarik mungkin

Tak hanya barang-barangnya yang bersihkan sebelum dijual. Kamu juga harus mendesain lapak garage sale kamu semenarik mungkin buat menarik minat masyarakat.

Kamu juga perlu effort cukup buat menciptakan tampilan yang menarik. Pasalnya, bisa dibilang agar sulit membuat tampilan barang yang menarik buat  barang second hand, beda dengan barang baru.

Tapi gak perlu khawatir, kamu bisa menciptkan visual dengan teman yang unik dan dilengkapi dengan properti pendukung seperti tenda dan juga beberapa rak gantung.

4 Cara Gampang Cek Ongkir Ekspedisi

uang-online
Uang Online

Internet telah memberikan banyak perubahan pada kebiasaan hidup masyarakat. Hal yang sama juga terjadi dalam proses berbelanja yang sekarang hanya cukup mengandalkan gadget dan koneksi internet. Seharian belanja ke luar rumah? Bukan zamannya lagi.

Untuk menjadi pedagang di zaman dulu, seseorang juga harus memiliki toko terlebih dahulu dan menunggu pembeli datang. Jangkauannya juga sedikit, belum lagi biaya sewa tempat yang juga cukup menguras rupiah.

Berbeda jauh dengan sekarang, dimana semua barang dagangan bisa dijajakan melalui etalase digital yang hanya berisi foto serta deskripsi produk.

Fenomena belanja online yang semakin merajalela ini, tentunya sangat menguntungkan bagi keduabelah pihak, baik itu pembeli maupun penjual.

Dalam transaksinya dibutuhkan jasa ekspedisi. Untuk menggunakannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah ongkos kirim atau ongkir.

Ongkir ini sangat berkaitan dengan tarif pengiriman, yang dihitung berdasarkan berat serta kota tujuan. Cara cek ongkir sangat mudah. Sebagian besar jasa ekspedisi sudah mempunyai website resmi, jadi semuanya bisa diakses secara online. Termasuk cek ongkir.

Berikut merupakan 4 langkah mudah untuk melakukan cek ongkir yang dimaksud.

Akses website ekspedisi

Langkah pertama, akses website mereka. Kalau sudah, cari menu tarif kiriman.

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa klik pranala berikut ini https://www.jne.co.id/id/tracking/tarif, http://sicepat.com/deliveryFee, http://www.jet.co.id/tariff agar terhubung langsung dengan laman cek ongkir dari beberapa perusahaan ekspedisi terpercaya di Indonesia.

Isi data

Setelah muncul pilihan tersebut, kamu harus memasukkan ‘origin’ dan ‘destination’. Origin adalah kota asal, sementara destinastion yakni kota tujuan. Masukan juga perkiraan berat barang dalam satuan kilogram.

Masukkan kode keamanan

Agar cek ongkir yang kamu lakukan lebih akurat, periksa kembali apakah data yang dimasukan telah sesuai. Jangan lupa pula untuk mengisi kolom ‘kode kemanan’.

Kamu cukup mengetik ulang kombinasi angka dan huruf yang muncul di bagian atas kolom isian.

Klik tombol ‘cek tarif’

Terakhir, klik tombo ‘cek tarif’. Dalam hitungan detik, daftar ongkir akan terpampang sesai data yang kamu masukkan tadi.

Ada beberapa pilihan jasa juga, dari mulai reguler sampai ekspres. Semakin banyak jenisnya memungkinkan barang kiriman tiba secepat kilat, tentunya tarif yang dikenakan pun lebih mahal.

Jual Barang Bekas Kamu Lewat 5 Situs Jual-Beli Ini !

uang-elektronik
Uang Elektronik

Barang bekas jangan dibuang. Siapa tahu bisa jadi duit buat tambah-tambah uang belanja. Caranya gimana? Jual saja.

Sebaiknya jual barang tak terpakai melalui jalur yang lebih berpotensi mendatangkan uang lebih banyak. Salah satunya adalah via online.

Sudah banyak situs jual-beli yang bisa dimanfaatkan. Ihwal keamanan dan kenyamanan transaksi pun tiap-tiap situs bersaing untuk memberikan yang terbaik.

Berikut adalah 5 situs jual-beli yang sering digunakan untuk menjual barang bekas:

1. Tokopedia

Situs jual-beli ini termasuk komplet untuk urusan jual-beli. Cara daftarnya pun gampang. Selain itu, pilihan kurirnya banyak.

Tinggal cari yang aksesnya paling gampang dari rumah. Transaksi di Tokopedia dilakukan dengan sistem escrow atau rekening bersama (rekber).

Jadi, nantinya pembeli mentransfer dana ke rekening Tokopedia. Setelah barang dikirim dan diterima, barulah dana itu kirim uang ke penjual. Baik itu penjual maupun seorang pembeli, tidak perlu khawatir kena tipu karena diperantarai oleh Tokopedia.

2. Bukalapak

Situs jual-beli berikut ini sebelas-dua belas dengan Tokopedia. Perbedaan utamanya terletak pada fitur pencarian yang lebih terbatas dan tampilan situsnya.

Jumlah kurirnya juga berbeda. Tinggal dicoba saja mana yang lebih cocok di antara Tokopedia ataupun Bukalapak.

Lebih baik sih pasang iklan di kedua situs itu. Seperti memancing, makin banyak kail disebar, makin besar peluang ikan tertangkap.

3. FJB Kaskus

Forum jual-beli atau yang bisa disingkat menjadi FJB di Kaskus adalah salah satu sarana transaksi barang yang paling awal di Indonesia. Sebelum marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak menjamur, FJB Kaskus adalah andalan orang untuk membeli dan menjual barang.

Kini, FJB Kaskus memiliki fitur escrow juga. Dulu, layanan ini disediakan oleh user pribadi. Tapi kalau misalnya mau transaksi langsung antara penjual dan pembeli bisa juga.

4. OLX

OLX adalah hasil “perkawinan” Tokobagus dan Berniaga—dua situs jual-beli senior di Indonesia. Uniknya, situs ini mendorong transaksi dengan metode COD.

Jadi, penjual dan pembeli bertemu terlebih dulu untuk mengecek barang yang akan dijual. Setelah tercapai kesepakatan, barulah transaksi dilakukan.

Cara ini menguntungkan pembeli maupun penjual. Pembeli bisa mengecek dengan detail barang yang akan dibeli, sementara penjual bisa langsung menerima uang setelah deal.

3 Keuntungan Menggunakan Digital Banking untuk Menabung

uang-elektronik
Uang Elektronik

Perbedaan yang mendasar dari layanan bank konvensional dan digital banking itu selain kecepatan dan kepraktisan, juga mengenai berbagai pihak-pihak yang dilibatkan dalam layanan tersebut.

Kalau di bank biasanya, kita masih butuh teller atau customer service, di bank digital kita melakukannya sendiri karena sistemnya memungkinkan untuk itu. Makanya layanan inilebih tidak ribet.

Selain mengetahui penjelasan di atas, kamu juga perlu tahu nih perbedaan bank yang biasa kita gunakan dengan digital banking di negara kita supaya tahu mana yang menguntungkan. Cek yuk bedanya!

1. Bunga tabungan bisa sampai 5 persen

Banyak orang yang mengeluhkan kecilnya bunga tabungan yang ditawarkan bank-bank konvensional di negara Indonesia. Bahkan, bunga tersebut belum bisa menutupi biaya-biaya semisal biaya administrasi yang dibebankan ke nasabah.

Sekadar diketahui, bunga yang diberikan bank-bank konvensional raksasa biasanya < 1 persen per tahun.

Katanya untuk menutupi beban biaya yang rata-rata Rp 20 ribuan, nasabah mesti punya saldo rekening sebesar Rp 25 jutaan.

Berbagai keluhan inilah yang coba dijawab digital banking dengan menawarkan bunga tabungan yang jauh lebih besar. Di Indonesia ada dua bank besar yang menawarkan inovasi bank digital. Salah satunya, ada yang memberi bunga bisa mencapai 5 persen per tahunnya.

2. Biaya administrasi gratis

Tak hanya tawaran bunga yang besar, digital banking di Indonesia memberi tawaran bebas biaya administrasi alias gratis tanpa dipungut biaya. Enak banget, kan?

Bukan cuma bebas biaya untuk administrasi, biaya pembukaan dan biaya penutupan rekeningnya juga gratis.

Begitu pun biaya akun dorman (gak ada transaksi selama enam bulan) juga gratis. Selain itu, gak ada yang namanya saldo minimal atau saldo mengendap.

3. Transfer antarbank tanpa biaya

Di salah satu digital banking yang ada di Indonesia, ada jatah transfer antar bank gratis buat nasabahnya. Tentu saja, ini bisa menghemat uangmu untuk biaya transfer.

Berbeda dengan bank biasa yang memberlakukan biaya sebesar Rp 6.500 sebagai biaya transfer buat setiap transaksi antarbank. Namun, ada juga sih yang biayanya Rp 4.000 kalau kebetulan banknya adalah bagian dari jaringan ATM Link.

6 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Pembayaran Online yang Aman

Uang Elektronik

Kemajuan teknologi telah membawa banyak perubahan. Sebagian besar orang pun menghabiskan lebih banyak waktu secara online, salah satunya untuk berbelanja. Untuk itu, perlindungan transaksi pembayaran pun sangat diperlukan.

Penelitian menyampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan pembayaran online secara aman. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mengurangi penipuan yang sering terjadi dengan pembayaran online.

1. Kartu Kredit atau Debit

gunakan kartu kredit atau debit agar transaksi Anda diproteksi secara penuh oleh perlindungan liabilitas terhadap penipuan. Anda dapat berbelanja dengan tenang saat mengetahui bahwa Anda tak harus bertanggung jawab atas pembelian yang tidak sah atau tidak disetujui, baik secara online, melalui telepon maupun secara langsung di toko.

2. Orang asing memiliki potensi bahaya (online)

Hanya karena seseorang mengakui bahwa memiliki selera musik, tim bola favorit, atau film yang sama dengan Anda saat membelikan tiket dengan pembayaran online, jangan berasumsi bahwa Anda bisa langsung percaya dengan orang asing tersebut. Pastikan Anda tetap membayar melalui saluran yang aman saat Anda tidak mengenal penjualnya. Cara kirim uang lewat alfamart bisa menjadi pilihan Anda.

3. Gunakan Dompet Digital

Pembayaran online melalui dompet digital menawarkan perlindungan yang sama dengan kartu kredit ataupun debit. Informasi akun Anda tidak akan dibagikan saat Anda melakukan pembelian. Setiap transaksi akan mendapatkan nomor atau kode unik acak sehingga data-data sensitif Anda akan tetap terlindungi, baik saat proses transaksi berlangsung hingga proses transaksi selesai.

4. Baca Ulasan

Banyak pasar daring (online marketplace) yang memungkinkan pembelinya untuk meninggalkan ulasan tentang pengalaman belanja mereka. Ulasan-ulasan tersebut dapat membantu Anda sebelum melakukan pembayaran online apabila seorang penjual sering mendapat keluhan dari pembeli sebelumnya.

5. Daftarkan diri untuk menerima peringatan pencurian identitas

Beberapa bank menyediakan layanan kontrol dan peringatan. Jika bank Anda tidak memilikinya atau jika Anda menginginkan keamanan tambahan, Mastercard dapat membantu menjaga informasi pribadi Anda tetap aman.

6. Selalu Periksa Catatan Kredit Anda

Memeriksa catatan kredit Anda seringkali menjadi satu-satunya cara untuk mengetahui apakah identitas Anda atau nomor jaminan sosial Anda telah dipakai secara semena-mena. Segera atasi bila Anda menemukan masalah tersebut.